Blog Perusahaan

Saat ini untuk menemukan blog perusahaan di indonesia sangatlah sulit atau masih sangat jarang. Kebanyakan blog di indonesia bersifat personal atau di kelola secara pribadi. Padahal dengan terus bertambahnya jumlah blogger akan memperuhi jalannya perusahaan dengan tulisan – tulisan mereka mengenai perusahaan ataupun produk dan jasa bahkan sampai ke hal yang positif nah akan berakibat buruk apabila tulisannya bersifat negatif. Maka sudah sewajarnya perusahaanpun melirik penggunaan blog sebagai media komunikasi internal ataupun external perusahaan. Ada beberapa jenis blog perusahaan antara lain sebagai berikut : internal, eksternal, dan blog chief executive officer (CEO).

Blog internal — biasanya diakses lewat Intranet — dibuat dan dibaca oleh karyawan. Ini semacam buletin internal konvensional. Blog ini umumnya dipakai sebagai media partisipasi karyawan dalam setiap isu. Bisa juga dimanfaatkan untuk ajang diskusi, menampung gagasan, dan mengumumkan sesuatu, misalnya jadwal rapat. Ini berguna terutama bila tempat karyawan bekerja terpisah-pisah di beberapa lokasi. Kelebihan blog dibanding mailing list internal adalah sifatnya yang interaktif.

Blog eksternal adalah media komunikasi antara karyawan atau juru bicara perusahaan dan publik, terutama konsumen mereka. Manajemen, misalnya, dapat memakainya untuk mengumumkan daftar produk-produk atau layanan baru — atau produk/layanan yang sudah habis masa edarnya. Ia juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat menanggapi serta mengklarifikasi kritik dan isu yang tengah berkembang soal produk layanan atau kebijakan sebuah perusahaan.

Di beberapa perusahaan, semua posting untuk blog eksternal harus diperiksa terlebih dulu oleh pejabat yang berwenang sebelum dipublikasikan. Di beberapa tempat lain, pengunjung bebas mengomentari setiap posting, sebagian lagi menerapkan aturan komentar yang dimoderasi. ( Sumber)

Contoh beberapa perusahaan yang sudah mengadopsi blog antara lain:

  1. http://blog.tempointeraktif.com/
  2. http://blog.liputan6.com/
  3. http://www.virtual.co.id/blog/
  4. http://hermawan.typepad.com/
  5. http://www.perspektif.net/
  6. http://mavericknetwork.biz/
  7. http://mmugmsub.wordpress.com

Ada yang ingin menambahkan atau tau tentang blog perusahaan yang lain silahkan di tambahkan melalui komentar.

Sumber

9,382 thoughts on “Blog Perusahaan

  1. 에볼루션 바카라

    Fantastic beat ! I wish to apprentice at the same time as you amend your web site, how can i subscribe for a weblog web site? The account aided me a acceptable deal. I were tiny bit acquainted of this your broadcast provided brilliant clear concept|

  2. Murrieta Plumber

    I truly love your site.. Pleasant colors & theme. Did you develop this amazing site yourself? Please reply back as I’m wanting to create my own personal blog and would like to know where you got this from or just what the theme is called. Many thanks!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *