Vox Populi Vox Dei

Menjelang pelaksanaan pemilihan presiden mendatang, makin rajin saja politisi kita mengutip adagium yang sangat populer di Eropa pada abad pertengahan. Adagium itu berbunyi vox populi vox dei, yang artinya: Suara rakyat adalah suara Tuhan.

Kutipan berbahasa Latin itu terus-menerus diulang dan didengungkan, bahwa pemilihan umum adalah saatnya rakyat menentukan pilihan dan masa depannya. Apa pun pilihan rakyat, tak bisa digugat, karena itu adalah juga kehendak Tuhan.

Munculnya kalimat pendek itu sebenarnya dilatari oleh kezaliman Raja Louis XIV dari Prancis (1643-1715), yang selalu berkata dengan pongahnya sampai menjadi termasyhur, yaitu: L’etat c’est moi, hukum itu adalah saya!

Pernyataan ini jelas mengandung makna bahwa dirinya identik dengan Tuhan atau dapat diartikan bahwa segala sesuatu yang keluar dari dirinya, pastilah mewakili Tuhan. Maka, sebagai reaksi terhadap ekspresi itu, orang kemudian memunculkan slogan lain, vox populi vox dei.

Dalam konteks kekinian, sah-sah saja menggunakan adagium itu, khususnya di gelanggang politik, walaupun banyak pertanyaan menyangkut hal ini. Misalnya, kalau memang suara rakyat adalah suara Tuhan, apakah Tuhan ikut bersalah karena rakyat telah membiarkan Soeharto menjadi presiden selama tiga dasawarsa? Dan, apakah Tuhan ikut pula bersama rakyat saat Soeharto ditumbangkan?

Contoh lainnya, dalam sebuah pemilihan kepala desa, ketika seorang calon terpilih karena membagi-bagi uang pada penduduk, apakah Tuhan juga bisa disuap? Ketika kepala desa tersebut melakukan korupsi, apakah Tuhan bisa dipersalahkan? Tapi, biarlah itu menjadi polemik di kalangan politisi, karena tulisan ini lebih kepada penggunaan adagium tersebut dalam konteks ilmu hukum.

Pasalnya, dalam penerapan hukum pun, adagium ini sering dipakai, meski tidak secara langsung diucapkan. Padahal, dalam penerapan hukum, cara pikir tersebut harus diharamkan. Suara rakyat tidak serta merta (mestinya) menjadi hukum, tanpa adanya bukti yang kuat.

Dalam bukunya berjudul Peradilan yang Sesat (Grafiti Pers, 1983), Hermann Mostar berkisah. Pada tahun 1854 di Kota Eldagsen, Hannover, Jerman, seorang wanita bernama Charlotte Hartmann ditemukan tewas terbunuh. Sejumlah perhiasan dan uang milik korban raib. Kasus ini membuat gempar lantaran desa itu dikenal sangat aman dan penduduknya saling kenal. Karena itu, tiba-tiba saja muncul tuduhan pada dua orang pria semata-mata karena keduanya dikenal sebagai warga yang suka mencuri dan berpenampilan tak sedap.

Meski Busse dan Ziegenmeyer sudah memberi alibi, tak ada saksi yang menguatkan. Penduduk pun memaksa pengadilan mendakwa yang bersangkutan karena tak ada lagi warga yang punya motif melakukan pembunuhan. Pihak pengadilan, karena terus didesak akhirnya menyidangkan kasus itu untuk memberi ketenangan bagi penduduk yang terus dihantui ketakutan adanya pembunuh yang berkeliaran. Persidangan berjalan berat sebelah. Motif yang memberatkan keduanya diungkap, sedangkan hal yang meringankan disimpan.

Di tengah berjalannya persidangan, Jaksa Agung meminta dihentikannya penuntutan terhadap kedua terdakwa. Namun, putusan itu membuat amarah penduduk memuncak. Pengadilan Tinggi akhirnya menyerah dan sidang dilanjutkan. Akhir kata, setelah mendengar keputusan dewan juri, hakim memutuskan kedua terdakwa divonis mati. Tak lama setelah itu, Ziegenmeyer menggantung diri di selnya karena tak tahan menanggung tuduhan. Namun, penduduk menerimanya sebagai pengakuan dosa.

Sembilan bulan kemudian, sebuah peristiwa pembunuhan terjadi di desa tetangga dan seorang pria bernama Bruns ditangkap. Dengan bukti yang kuat dia akhirnya mengaku sekaligus terungkap pula bahwa Bruns juga yang membunuh Charlotte. Busse yang belum sempat dieksekusi namun mengalami pendarahan otak serta lumpuh, dibebaskan serta ikut menyaksikan persidangan Bruns. Pada November 1856, Bruns dipancung atas kejahatan ganda yang dilakukannya. Sejak itu pula Kota Eldagsen terkenal di seluruh Jerman dan masuk dalam kepustakaan hukum dunia.

Dalam kasus ini, jika memang suara rakyat adalah suara Tuhan, artinya Ziegenmeyer telah digantung oleh Tuhan dan Busse lumpuh karena dihukum Tuhan. Hal tersebut tentu di luar akal sehat. Contoh kasus ini membuktikan bahwa suara rakyat bukan segala-galanya, apalagi menyamai kemauan Tuhan. Logikanya, kalau memang rakyat tanpa cela dan tanpa dosa, buat apa Tuhan disembah?

Sayang, prinsip ini tidak bisa diberlakukan pada setiap ruang dan waktu. Berkaca pada kasus penahanan Prita Mulyasari yang menjadi tertuduh dalam kasus pencemaran nama baik Rumah Sakit Omni Internasional, yang terjadi justru sebaliknya. Aparat penegak hukum telah bertindak berlebihan yang kemudian dikoreksi oleh suara publik. Inilah dilema hukum di Indonesia. Publik yang biasanya gampang menjatuhkan vonis ternyata lebih memiliki “kewarasan” ketimbang lembaga peradilan yang sudah tumpul nurani dan logikanya.

Dalam kasus Prita pula prinsip sebab dan akibat dalam ilmu hukum telah dijungkirbalikkan. Sungguh aneh, ketika Omni melaporkan kasus pencemaran nama baik, aparat penegak hukum langsung bergerak. Prita digugat secara perdata dan dituntut secara pidana sebelum kemudian dinyatakan bersalah dalam kasus perdata. Prita pun kemudian ditahan karena menjadi tersangka dalam kasus pidana.

Saya tidak menyoal tentang materi undang-undang yang menjerat Prita, karena pada titik ini, akal sehat benar-benar telah dimandulkan pengadilan. Bukankah sebelum Prita digugat dan didakwa, harus dibuktikan dulu benar atau tidaknya tuduhan terhadap Omni seperti yang dia tulis dalam surat elektroniknya? Seandainya apa yang ditulis Prita adalah benar, berarti lembaga peradilan telah sesat dalam mengadili karena dia sama sekali tidak mencemarkan nama Omni.

Pada tahun 399 SM, pengadilan di Athena, Yunani, memutuskan Socrates bersalah karena telah meracuni pikiran kaum muda dengan ajaran-ajarannya. Pada usia 70 tahun, filusuf kenamaan itu dijatuhi hukuman mati dengan meminum racun. Setelah 24 abad berlalu, kasus yang sama kembali terjadi. Seorang ibu rumah tangga didakwa karena menuliskan kegundahan hatinya. Benar agaknya, kita memang tak pernah mau belajar pengalaman.

Sumber

42,133 thoughts on “Vox Populi Vox Dei

  1. Raymondnus

    Healy company offers novelty in the world of medical aid – Healy wave device, which treats sicknesses at all levels – energy, mental and physical. Based on the fundamentals of quantum physics, using leading knowledge and developments in the field of psychology and physiotherapy. Mobile home doctor who painlessly rightly treats and counteracts onset of diseases – most diverse spectrum, more than 5 thousand, and catalogue is growing. Partial list of treatment softwares – digital su-Jock, digital homeopathy, digital herbal medicine, digital flower therapy, digital health nutrition and diet, i-ging, Schuessler salts, Alaskan gem elixirs, Australian bush flowers, macrobiotics, manual therapy elements, to in -depth meditation and relaxation programs.

    Know More

  2. rajacuan

    It’s awesome to visit this web site and reading the views of all
    colleagues regarding this article, while I am also keen of
    getting familiarity.

  3. Word

    My spouse and I absolutely love your blog and find the majority of your post’s to be just what I’m looking for. Would you offer guest writers to write content for you? I wouldn’t mind composing a post or elaborating on a lot of the subjects you write related to here. Again, awesome blog!

  4. MichaelCeach

    Мусорные мешки – это важный элемент в современном домашнем уборе. Они позволяют собирать мусор и сохранять его в безопасности до тех пор, пока его не утилизируют. Кроме того, использование мусорных мешков имеет еще ряд других польз.

    Во-первых, мусорные мешки облегчают процесс уборки, позволяя быстро собирать мусор в одном месте. Они защищают поверхности от загрязнения и способствуют тому, что помещение остается более чистым.

    Во-вторых, мусорные мешки гигиенически и безопасны. Они помогают предотвращать распространение бактерий и грибков, которые могут вызвать различные заболевания. Благодаря высокой прочности и качественному материалу, мусорные мешки не рвутся и не течут, что позволяет собирать отходы безопасным для человека способом.
    цветные пакеты для мусора

  5. w11poker

    Hi there! I could have sworn I’ve been to this blog before but after
    reading through some of the post I realized it’s new to me.
    Nonetheless, I’m definitely delighted I found it and I’ll be bookmarking and checking back often!

  6. JorgeCed

    I needs to spend some time finding out much more or understanding more. Thanks for excellent information I used to be on the lookout for this information for my mission.

  7. live draw shanghai

    Greetings from Florida! I’m bored to death at work so I decided to check out your blog on my iphone during
    lunch break. I enjoy the knowledge you provide here and can’t wait
    to take a look when I get home. I’m shocked at how quick
    your blog loaded on my cell phone .. I’m not even using WIFI, just 3G ..
    Anyways, awesome blog!

  8. Gordon Hoffmann

    Excellent blog! Do you have any tips and hints for aspiring writers? I’m planning to start my own site soon but I’m a little lost on everything. Would you advise starting with a free platform like WordPress or go for a paid option? There are so many choices out there that I’m totally overwhelmed .. Any suggestions? Thanks!

  9. Gregory Holloway

    Hello there! I could have sworn I’ve been to this website before but after browsing through a few of the posts I realized it’s new to me. Anyways, I’m certainly pleased I discovered it and I’ll be book-marking it and checking back often!
    homepage

    But this doesn’t mean that you can’t take just a few steps to enhance your outcomes and enhance your gaming expertise. Our analysis division and the editorial board is constantly updating the new casinos listing beneath, so we are able to offer you a Full, Detailed and Up-to-date checklist of the most recent online casinos that have been established within the last 12 months. This occurred to me on 5 completely different occasions, and i contacted them every time.

  10. Brigette

    I’ve been exploring for a little bit for any high-quality articles or weblog
    posts in this kind of space . Exploring in Yahoo I at last stumbled
    upon this web site. Reading this info So i’m happy to convey that I’ve an incredibly just right uncanny feeling
    I discovered just what I needed. I such a lot indisputably will make
    sure to don?t disregard this website and give it a glance on a relentless basis.

  11. Cold plunge tubs

    hello!,I love your writing so much! share we keep in touch extra approximately your article on AOL? I require an expert in this space to unravel my problem. Maybe that is you! Looking forward to peer you. |

  12. 성인 웹툰

    certainly like your website but you have to take a
    look at the spelling on quite a few of your
    posts. Several of them are rife with spelling issues and I in finding it
    very troublesome to tell the truth then again I will definitely come again again.

  13. votrob

    Pretty nice post. I just stumbled upon your weblog and wished to say that I have really enjoyed surfing around your blog posts. After all I’ll be subscribing to your rss feed and I hope you write again soon!|

  14. brians club

    Wonderful blog! I found it while searching on Yahoo
    News. Do you have any suggestions on how to get listed in Yahoo
    News? I’ve been trying for a while but I never seem
    to get there! Thank you

  15. Chang Mcbee

    Every weekend i used to visit this web site, for the reason that i wish for enjoyment, for the reason that this this website conations really fastidious funny information too.

  16. Antonia

    Today, I went to the beachfront with my children. I found a sea
    shell and gave it to my 4 year old daughter and said “You can hear the ocean if you put this to your ear.” She placed the shell to her
    ear and screamed. There was a hermit crab inside and it pinched her ear.
    She never wants to go back! LoL I know this is completely off
    topic but I had to tell someone!

  17. hudde4

    This piece of writing is actually a fastidious one it helps new
    internet viewers, who are wishing in favor of blogging.

  18. voldim

    Amazing things here. I am very satisfied to peer your post. Thank you so much and I’m having a look ahead to contact you. Will you kindly drop me a e-mail?|

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *