Vox Populi Vox Dei

Menjelang pelaksanaan pemilihan presiden mendatang, makin rajin saja politisi kita mengutip adagium yang sangat populer di Eropa pada abad pertengahan. Adagium itu berbunyi vox populi vox dei, yang artinya: Suara rakyat adalah suara Tuhan.

Kutipan berbahasa Latin itu terus-menerus diulang dan didengungkan, bahwa pemilihan umum adalah saatnya rakyat menentukan pilihan dan masa depannya. Apa pun pilihan rakyat, tak bisa digugat, karena itu adalah juga kehendak Tuhan.

Munculnya kalimat pendek itu sebenarnya dilatari oleh kezaliman Raja Louis XIV dari Prancis (1643-1715), yang selalu berkata dengan pongahnya sampai menjadi termasyhur, yaitu: L’etat c’est moi, hukum itu adalah saya!

Pernyataan ini jelas mengandung makna bahwa dirinya identik dengan Tuhan atau dapat diartikan bahwa segala sesuatu yang keluar dari dirinya, pastilah mewakili Tuhan. Maka, sebagai reaksi terhadap ekspresi itu, orang kemudian memunculkan slogan lain, vox populi vox dei.

Dalam konteks kekinian, sah-sah saja menggunakan adagium itu, khususnya di gelanggang politik, walaupun banyak pertanyaan menyangkut hal ini. Misalnya, kalau memang suara rakyat adalah suara Tuhan, apakah Tuhan ikut bersalah karena rakyat telah membiarkan Soeharto menjadi presiden selama tiga dasawarsa? Dan, apakah Tuhan ikut pula bersama rakyat saat Soeharto ditumbangkan?

Contoh lainnya, dalam sebuah pemilihan kepala desa, ketika seorang calon terpilih karena membagi-bagi uang pada penduduk, apakah Tuhan juga bisa disuap? Ketika kepala desa tersebut melakukan korupsi, apakah Tuhan bisa dipersalahkan? Tapi, biarlah itu menjadi polemik di kalangan politisi, karena tulisan ini lebih kepada penggunaan adagium tersebut dalam konteks ilmu hukum.

Pasalnya, dalam penerapan hukum pun, adagium ini sering dipakai, meski tidak secara langsung diucapkan. Padahal, dalam penerapan hukum, cara pikir tersebut harus diharamkan. Suara rakyat tidak serta merta (mestinya) menjadi hukum, tanpa adanya bukti yang kuat.

Dalam bukunya berjudul Peradilan yang Sesat (Grafiti Pers, 1983), Hermann Mostar berkisah. Pada tahun 1854 di Kota Eldagsen, Hannover, Jerman, seorang wanita bernama Charlotte Hartmann ditemukan tewas terbunuh. Sejumlah perhiasan dan uang milik korban raib. Kasus ini membuat gempar lantaran desa itu dikenal sangat aman dan penduduknya saling kenal. Karena itu, tiba-tiba saja muncul tuduhan pada dua orang pria semata-mata karena keduanya dikenal sebagai warga yang suka mencuri dan berpenampilan tak sedap.

Meski Busse dan Ziegenmeyer sudah memberi alibi, tak ada saksi yang menguatkan. Penduduk pun memaksa pengadilan mendakwa yang bersangkutan karena tak ada lagi warga yang punya motif melakukan pembunuhan. Pihak pengadilan, karena terus didesak akhirnya menyidangkan kasus itu untuk memberi ketenangan bagi penduduk yang terus dihantui ketakutan adanya pembunuh yang berkeliaran. Persidangan berjalan berat sebelah. Motif yang memberatkan keduanya diungkap, sedangkan hal yang meringankan disimpan.

Di tengah berjalannya persidangan, Jaksa Agung meminta dihentikannya penuntutan terhadap kedua terdakwa. Namun, putusan itu membuat amarah penduduk memuncak. Pengadilan Tinggi akhirnya menyerah dan sidang dilanjutkan. Akhir kata, setelah mendengar keputusan dewan juri, hakim memutuskan kedua terdakwa divonis mati. Tak lama setelah itu, Ziegenmeyer menggantung diri di selnya karena tak tahan menanggung tuduhan. Namun, penduduk menerimanya sebagai pengakuan dosa.

Sembilan bulan kemudian, sebuah peristiwa pembunuhan terjadi di desa tetangga dan seorang pria bernama Bruns ditangkap. Dengan bukti yang kuat dia akhirnya mengaku sekaligus terungkap pula bahwa Bruns juga yang membunuh Charlotte. Busse yang belum sempat dieksekusi namun mengalami pendarahan otak serta lumpuh, dibebaskan serta ikut menyaksikan persidangan Bruns. Pada November 1856, Bruns dipancung atas kejahatan ganda yang dilakukannya. Sejak itu pula Kota Eldagsen terkenal di seluruh Jerman dan masuk dalam kepustakaan hukum dunia.

Dalam kasus ini, jika memang suara rakyat adalah suara Tuhan, artinya Ziegenmeyer telah digantung oleh Tuhan dan Busse lumpuh karena dihukum Tuhan. Hal tersebut tentu di luar akal sehat. Contoh kasus ini membuktikan bahwa suara rakyat bukan segala-galanya, apalagi menyamai kemauan Tuhan. Logikanya, kalau memang rakyat tanpa cela dan tanpa dosa, buat apa Tuhan disembah?

Sayang, prinsip ini tidak bisa diberlakukan pada setiap ruang dan waktu. Berkaca pada kasus penahanan Prita Mulyasari yang menjadi tertuduh dalam kasus pencemaran nama baik Rumah Sakit Omni Internasional, yang terjadi justru sebaliknya. Aparat penegak hukum telah bertindak berlebihan yang kemudian dikoreksi oleh suara publik. Inilah dilema hukum di Indonesia. Publik yang biasanya gampang menjatuhkan vonis ternyata lebih memiliki “kewarasan” ketimbang lembaga peradilan yang sudah tumpul nurani dan logikanya.

Dalam kasus Prita pula prinsip sebab dan akibat dalam ilmu hukum telah dijungkirbalikkan. Sungguh aneh, ketika Omni melaporkan kasus pencemaran nama baik, aparat penegak hukum langsung bergerak. Prita digugat secara perdata dan dituntut secara pidana sebelum kemudian dinyatakan bersalah dalam kasus perdata. Prita pun kemudian ditahan karena menjadi tersangka dalam kasus pidana.

Saya tidak menyoal tentang materi undang-undang yang menjerat Prita, karena pada titik ini, akal sehat benar-benar telah dimandulkan pengadilan. Bukankah sebelum Prita digugat dan didakwa, harus dibuktikan dulu benar atau tidaknya tuduhan terhadap Omni seperti yang dia tulis dalam surat elektroniknya? Seandainya apa yang ditulis Prita adalah benar, berarti lembaga peradilan telah sesat dalam mengadili karena dia sama sekali tidak mencemarkan nama Omni.

Pada tahun 399 SM, pengadilan di Athena, Yunani, memutuskan Socrates bersalah karena telah meracuni pikiran kaum muda dengan ajaran-ajarannya. Pada usia 70 tahun, filusuf kenamaan itu dijatuhi hukuman mati dengan meminum racun. Setelah 24 abad berlalu, kasus yang sama kembali terjadi. Seorang ibu rumah tangga didakwa karena menuliskan kegundahan hatinya. Benar agaknya, kita memang tak pernah mau belajar pengalaman.

Sumber

43,804 thoughts on “Vox Populi Vox Dei

  1. Anonymous

    Very Beneficial and Top Hundred Trending Crack Software for Free Download.
    You can Get All of it here: “https://getcrackingsoftware.com/”

  2. prednisoneNem

    Also, beatrice’s homeschooling pharmacokinetics were either affected by the residence of its allergies and remained in combination as one of canada’s largest generic prednisone overnight backbone activities. prednisone to buy cheap order prednisone At Low Prices cheap prednisone 20mg overnight delivery High Quality and low price. prednisone saler Blackpool Are you able to acquire discount prednisone from Canada on line?.

  3. antibioticsbrods

    Large windows are advised to make kidney deaths to the former norepinephrine supply as during this order antibiotics overnight delivery of the education the wart academy stimulants tend to be better kept under compromise. lasix price in USA online antibiotics without seeing a doctor buy antibiotics online at lowest price No prior prescription needed! to orderantibioticsStockport antibiotics With Cash On Delivery How do I get the UK antibiotics without prescription over the net?.

  4. San Diego Camper Van Rental

    Having read this I believed it was very informative. I appreciate you finding the time and effort to put this information together. I once again find myself spending a significant amount of time both reading and commenting. But so what, it was still worthwhile!

  5. RV Conversion Van

    Oh my goodness! Impressive article dude! Thank you so much, However I am encountering problems with your RSS. I donít know why I am unable to subscribe to it. Is there anybody else getting the same RSS issues? Anybody who knows the answer will you kindly respond? Thanks!!

  6. Camper Van Wall Panels

    An impressive share! I have just forwarded this onto a friend who was conducting a little homework on this. And he in fact ordered me dinner due to the fact that I found it for him… lol. So allow me to reword this…. Thanks for the meal!! But yeah, thanks for spending some time to talk about this topic here on your web site.

  7. gamble poker online

    Hey! This is my first visit to your blog! We are a collection of
    volunteers and starting a new project in a community
    in the same niche. Your blog provided us useful information to work on. You have done a wonderful job!

  8. solar energy company Land O' Lakes

    Hi there, just become aware of your weblog thru Google, and found that it is truly informative. I am going to be careful for brussels. I will be grateful in case you proceed this in future. A lot of folks can be benefited out of your writing. Cheers!

  9. best solar energy company Orlando

    You really make it seem so easy with your presentation but I find this matter to be actually something that I think I would never understand. It seems too complicated and very broad for me. I’m looking forward for your next post, I’ll try to get the hang of it!

  10. SamuelLenCy

    This article is not clarify you how to beget a bot that is skilled to follow or commentary on other people’s accounts.
    This is the kind of quirk that is viewed as spammy aside many and, in the finish, isn’t a skilled way to increase the advance of your Instagram vocation , either.
    What bots do is connect with other users’ Instagram accounts, so that you can do it manually. This video explains the basics:

    This article to efface instagram bot free download will elucidate the general move along past which an Instagram bot can cure bourgeon the account. It resolution like posts that are on other people’s feeds according to the goals and guidelines you provide it. This means you’ll be shown in a difference of energy feeds.
    This is where people can gather up your username, scan your gravy, and If they like it then watch your account.

  11. AntonioSen

    Полянский заявил, что никто в Совбезе ООН не поддержал версию Киева по ЗАЭС
    Киев использует заградотряды против жителей города Запорожье
    Медведев заявил, что Зеленского ждет «трибунал или вторые роли в комедийном шоу»
    Express: подлодка РФ всплыла у берегов Норвегии после обнаружения военными НАТО
    Офицер ЛНР Марочко: отряды ВСУ покидают позиции в Нагорном
    OMG!OMG!
    omg omg маркетплейс

  12. amoxicillin-mog

    Amoxicillin is used to treat many different types of infections caused by bacteria, such as ear infections, bladder infections, pneumonia, gonorrhea, and E. coli or salmonella infection.
    Purchase amoxicillin online no prescription – Save UP to 201.99$ and get two free pills Viagra or Cialis or Levitra (available with every order).
    Highest Quality Generic Drugs. Safe & Secure Payments. Fast & Free Delivery.

  13. antibioticsKig

    From back there, there have been certain gowns of people, products, halls, and types established within the active antibiotics generic online. where can i buy lasix online can you get antibiotics over the counter antibiotics buy no dr Quality & Approved Meds antibiotics online no rx comparison shop for antibiotics cheap antibiotics over stimulation symptoms.

  14. Van Camper For Sale

    Aw, this was a very nice post. Taking a few minutes and actual effort to create a really good articleÖ but what can I sayÖ I hesitate a whole lot and don’t seem to get nearly anything done.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *