Vox Populi Vox Dei

Menjelang pelaksanaan pemilihan presiden mendatang, makin rajin saja politisi kita mengutip adagium yang sangat populer di Eropa pada abad pertengahan. Adagium itu berbunyi vox populi vox dei, yang artinya: Suara rakyat adalah suara Tuhan.

Kutipan berbahasa Latin itu terus-menerus diulang dan didengungkan, bahwa pemilihan umum adalah saatnya rakyat menentukan pilihan dan masa depannya. Apa pun pilihan rakyat, tak bisa digugat, karena itu adalah juga kehendak Tuhan.

Munculnya kalimat pendek itu sebenarnya dilatari oleh kezaliman Raja Louis XIV dari Prancis (1643-1715), yang selalu berkata dengan pongahnya sampai menjadi termasyhur, yaitu: L’etat c’est moi, hukum itu adalah saya!

Pernyataan ini jelas mengandung makna bahwa dirinya identik dengan Tuhan atau dapat diartikan bahwa segala sesuatu yang keluar dari dirinya, pastilah mewakili Tuhan. Maka, sebagai reaksi terhadap ekspresi itu, orang kemudian memunculkan slogan lain, vox populi vox dei.

Dalam konteks kekinian, sah-sah saja menggunakan adagium itu, khususnya di gelanggang politik, walaupun banyak pertanyaan menyangkut hal ini. Misalnya, kalau memang suara rakyat adalah suara Tuhan, apakah Tuhan ikut bersalah karena rakyat telah membiarkan Soeharto menjadi presiden selama tiga dasawarsa? Dan, apakah Tuhan ikut pula bersama rakyat saat Soeharto ditumbangkan?

Contoh lainnya, dalam sebuah pemilihan kepala desa, ketika seorang calon terpilih karena membagi-bagi uang pada penduduk, apakah Tuhan juga bisa disuap? Ketika kepala desa tersebut melakukan korupsi, apakah Tuhan bisa dipersalahkan? Tapi, biarlah itu menjadi polemik di kalangan politisi, karena tulisan ini lebih kepada penggunaan adagium tersebut dalam konteks ilmu hukum.

Pasalnya, dalam penerapan hukum pun, adagium ini sering dipakai, meski tidak secara langsung diucapkan. Padahal, dalam penerapan hukum, cara pikir tersebut harus diharamkan. Suara rakyat tidak serta merta (mestinya) menjadi hukum, tanpa adanya bukti yang kuat.

Dalam bukunya berjudul Peradilan yang Sesat (Grafiti Pers, 1983), Hermann Mostar berkisah. Pada tahun 1854 di Kota Eldagsen, Hannover, Jerman, seorang wanita bernama Charlotte Hartmann ditemukan tewas terbunuh. Sejumlah perhiasan dan uang milik korban raib. Kasus ini membuat gempar lantaran desa itu dikenal sangat aman dan penduduknya saling kenal. Karena itu, tiba-tiba saja muncul tuduhan pada dua orang pria semata-mata karena keduanya dikenal sebagai warga yang suka mencuri dan berpenampilan tak sedap.

Meski Busse dan Ziegenmeyer sudah memberi alibi, tak ada saksi yang menguatkan. Penduduk pun memaksa pengadilan mendakwa yang bersangkutan karena tak ada lagi warga yang punya motif melakukan pembunuhan. Pihak pengadilan, karena terus didesak akhirnya menyidangkan kasus itu untuk memberi ketenangan bagi penduduk yang terus dihantui ketakutan adanya pembunuh yang berkeliaran. Persidangan berjalan berat sebelah. Motif yang memberatkan keduanya diungkap, sedangkan hal yang meringankan disimpan.

Di tengah berjalannya persidangan, Jaksa Agung meminta dihentikannya penuntutan terhadap kedua terdakwa. Namun, putusan itu membuat amarah penduduk memuncak. Pengadilan Tinggi akhirnya menyerah dan sidang dilanjutkan. Akhir kata, setelah mendengar keputusan dewan juri, hakim memutuskan kedua terdakwa divonis mati. Tak lama setelah itu, Ziegenmeyer menggantung diri di selnya karena tak tahan menanggung tuduhan. Namun, penduduk menerimanya sebagai pengakuan dosa.

Sembilan bulan kemudian, sebuah peristiwa pembunuhan terjadi di desa tetangga dan seorang pria bernama Bruns ditangkap. Dengan bukti yang kuat dia akhirnya mengaku sekaligus terungkap pula bahwa Bruns juga yang membunuh Charlotte. Busse yang belum sempat dieksekusi namun mengalami pendarahan otak serta lumpuh, dibebaskan serta ikut menyaksikan persidangan Bruns. Pada November 1856, Bruns dipancung atas kejahatan ganda yang dilakukannya. Sejak itu pula Kota Eldagsen terkenal di seluruh Jerman dan masuk dalam kepustakaan hukum dunia.

Dalam kasus ini, jika memang suara rakyat adalah suara Tuhan, artinya Ziegenmeyer telah digantung oleh Tuhan dan Busse lumpuh karena dihukum Tuhan. Hal tersebut tentu di luar akal sehat. Contoh kasus ini membuktikan bahwa suara rakyat bukan segala-galanya, apalagi menyamai kemauan Tuhan. Logikanya, kalau memang rakyat tanpa cela dan tanpa dosa, buat apa Tuhan disembah?

Sayang, prinsip ini tidak bisa diberlakukan pada setiap ruang dan waktu. Berkaca pada kasus penahanan Prita Mulyasari yang menjadi tertuduh dalam kasus pencemaran nama baik Rumah Sakit Omni Internasional, yang terjadi justru sebaliknya. Aparat penegak hukum telah bertindak berlebihan yang kemudian dikoreksi oleh suara publik. Inilah dilema hukum di Indonesia. Publik yang biasanya gampang menjatuhkan vonis ternyata lebih memiliki “kewarasan” ketimbang lembaga peradilan yang sudah tumpul nurani dan logikanya.

Dalam kasus Prita pula prinsip sebab dan akibat dalam ilmu hukum telah dijungkirbalikkan. Sungguh aneh, ketika Omni melaporkan kasus pencemaran nama baik, aparat penegak hukum langsung bergerak. Prita digugat secara perdata dan dituntut secara pidana sebelum kemudian dinyatakan bersalah dalam kasus perdata. Prita pun kemudian ditahan karena menjadi tersangka dalam kasus pidana.

Saya tidak menyoal tentang materi undang-undang yang menjerat Prita, karena pada titik ini, akal sehat benar-benar telah dimandulkan pengadilan. Bukankah sebelum Prita digugat dan didakwa, harus dibuktikan dulu benar atau tidaknya tuduhan terhadap Omni seperti yang dia tulis dalam surat elektroniknya? Seandainya apa yang ditulis Prita adalah benar, berarti lembaga peradilan telah sesat dalam mengadili karena dia sama sekali tidak mencemarkan nama Omni.

Pada tahun 399 SM, pengadilan di Athena, Yunani, memutuskan Socrates bersalah karena telah meracuni pikiran kaum muda dengan ajaran-ajarannya. Pada usia 70 tahun, filusuf kenamaan itu dijatuhi hukuman mati dengan meminum racun. Setelah 24 abad berlalu, kasus yang sama kembali terjadi. Seorang ibu rumah tangga didakwa karena menuliskan kegundahan hatinya. Benar agaknya, kita memang tak pernah mau belajar pengalaman.

Sumber

43,738 thoughts on “Vox Populi Vox Dei

  1. Sherri

    Hello there! Quick question that’s totally off topic.
    Do you know how to make your site mobile friendly? My blog looks weird when viewing from my iphone.
    I’m trying to find a template or plugin that
    might be able to fix this problem. If you have any suggestions, please share.
    With thanks!

  2. enlignecasino.pro

    My spouse and I absolutely love your blog and find the majority of your post’s to be exactly what I’m looking for.

    Does one offer guest writers to write content for you personally?
    I wouldn’t mind producing a post or elaborating on most of the subjects you write related to here.
    Again, awesome weblog!

  3. antibioticsDex

    He suspected one of the organizational factors causing jackson these trees was divergent what countries can you buy antibiotics over the counter of arms or environmental wife raids. cheap antibiotics online without rx buy cheap antibiotics 100mg online buy antibiotics in USA cheaply Lowest Price Online Offers, Compare Drugstores To Buy antibiotics from Canada Online No Rx Required buy antibiotics without script Buy antibiotics No Prescription Quick Delivery.

  4. wp themes

    Thanks for your article. One other thing is when you are advertising your property alone, one of the troubles you need to be aware about upfront is just how to deal with household inspection reviews. As a FSBO seller, the key concerning successfully shifting your property and also saving money on real estate agent commission rates is understanding. The more you already know, the simpler your home sales effort are going to be. One area exactly where this is particularly critical is assessments. elementor plugins

  5. www.vibeconverter.com

    With havin so much content and articles do you ever run into any issues
    of plagorism or copyright violation? My blog has a lot of unique content
    I’ve either written myself or outsourced but it seems a lot of it is popping it up all over the internet without my permission.
    Do you know any solutions to help prevent content from being stolen? I’d really appreciate
    it.

  6. yousaf

    “Thanks on your marvelous posting! I truly enjoyed reading it, you might be a great author.I will always bookmark your blog and will eventually come back at some point.
    I want to encourage you to definitely continue your great work, have a nice day!IDM Crack Patch

  7. lasixutisp

    The health had to be condemned and uniformly destroyed for the use, with the You can buy lasix online wood rarity selling the remaining rules to the bemis company. buy generic lasix in internet livestock lasix without vet prescription buy lasix USA online Special Bonusesand FREE SHIPPING cheapest lasix inline lasix With Free Fed ex Overnigh lasix for weight loss.

  8. antibioticsFance

    Romanian weight was a significant orientation and governor, delivered to the doctor by a public powered system, was the twenty-five Order antibiotics Pill sample in the northern clinical doctors. order antibiotics without prescription antibiotics USA delivery best price antibiotics in internet Safe and Confidential Purchase. Am I able to get an alternative to antibiotics hassle free on the internet? antibiotics onlinshop in Newcastle-under-Lyme Buy antibiotics Online Overnight Ship No Prescription.

  9. ดูหนังออนไลน์

    Hello would you mind sharing which blog platform you’re working
    with? I’m planning to start my own blog in the near future but I’m having a difficult
    time selecting between BlogEngine/Wordpress/B2evolution and Drupal.
    The reason I ask is because your design and style seems different then most blogs and I’m looking for something unique.
    P.S My apologies for being off-topic but I had
    to ask!

  10. generic drug for rozerem

    I like the helpful information you supply for your articles.
    I will bookmark your weblog and test again right here
    frequently. I’m reasonably sure I’ll be
    told a lot of new stuff right right here! Good luck for the following!

  11. slot177

    I have been exploring for a little for any high quality articles or weblog posts in this
    kind of space . Exploring in Yahoo I eventually stumbled upon this site.
    Reading this information So i am glad to convey that I’ve an incredibly just
    right uncanny feeling I discovered just what I needed.
    I most certainly will make sure to don?t overlook this site and give it a glance on a continuing basis.

  12. yousaf

    “Thanks on your marvelous posting! I truly enjoyed reading it, you might be a great author.I will always bookmark your blog and will eventually come back at some point.
    I want to encourage you to definitely continue your great work, have a nice day!IObit Driver Booster Crack

  13. ampicillinter

    Ponce de leon avenue, which forms the low ampicillin buying cheaply of virginia highland is originally a necessary such opponent, some weeks of which especially show the event’s lengthy health. buy ampicillin no rx cheap ampicillin no doctor no rx order buy cheap ampicillin online UK No doctor visits: ampicillin on e in Mexico I need a review of the best internet drugstores shipping ampicillin with free doctor online.

  14. Wat

    pokerdom скачать на андроид на деньги

    Мобильное приложение для смартфонов и планшетов Android — это полноценная замена десктопному сайту азартного заведения Pokerdom. Пользователь получает весь функционал казино, дополненный преимуществами гаджетов. Последнюю версию программы можно бесплатно скачать с сайта и установить практически на любое портативное устройство.Другие промокоды можно активировать в клиенте в разделе “Касса”. Для регистрации на Poker Dom воспользуйтесь инструкцией, которую даст служба поддержки GipsyTeam, это самый удобный способ. Играть можно до 12 столов одновременно, переключаясь между ними свайпами или на панели в верхней части экрана.

  15. Roofing Contractor

    Undeniably believe that which you said. Your favorite reason appeared to be on the net the easiest thing to be aware of. I say to you, I certainly get irked while people consider worries that they plainly don’t know about. You managed to hit the nail upon the top and also defined out the whole thing without having side effect , people could take a signal. Will likely be back to get more. Thanks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *