Vox Populi Vox Dei

Menjelang pelaksanaan pemilihan presiden mendatang, makin rajin saja politisi kita mengutip adagium yang sangat populer di Eropa pada abad pertengahan. Adagium itu berbunyi vox populi vox dei, yang artinya: Suara rakyat adalah suara Tuhan.

Kutipan berbahasa Latin itu terus-menerus diulang dan didengungkan, bahwa pemilihan umum adalah saatnya rakyat menentukan pilihan dan masa depannya. Apa pun pilihan rakyat, tak bisa digugat, karena itu adalah juga kehendak Tuhan.

Munculnya kalimat pendek itu sebenarnya dilatari oleh kezaliman Raja Louis XIV dari Prancis (1643-1715), yang selalu berkata dengan pongahnya sampai menjadi termasyhur, yaitu: L’etat c’est moi, hukum itu adalah saya!

Pernyataan ini jelas mengandung makna bahwa dirinya identik dengan Tuhan atau dapat diartikan bahwa segala sesuatu yang keluar dari dirinya, pastilah mewakili Tuhan. Maka, sebagai reaksi terhadap ekspresi itu, orang kemudian memunculkan slogan lain, vox populi vox dei.

Dalam konteks kekinian, sah-sah saja menggunakan adagium itu, khususnya di gelanggang politik, walaupun banyak pertanyaan menyangkut hal ini. Misalnya, kalau memang suara rakyat adalah suara Tuhan, apakah Tuhan ikut bersalah karena rakyat telah membiarkan Soeharto menjadi presiden selama tiga dasawarsa? Dan, apakah Tuhan ikut pula bersama rakyat saat Soeharto ditumbangkan?

Contoh lainnya, dalam sebuah pemilihan kepala desa, ketika seorang calon terpilih karena membagi-bagi uang pada penduduk, apakah Tuhan juga bisa disuap? Ketika kepala desa tersebut melakukan korupsi, apakah Tuhan bisa dipersalahkan? Tapi, biarlah itu menjadi polemik di kalangan politisi, karena tulisan ini lebih kepada penggunaan adagium tersebut dalam konteks ilmu hukum.

Pasalnya, dalam penerapan hukum pun, adagium ini sering dipakai, meski tidak secara langsung diucapkan. Padahal, dalam penerapan hukum, cara pikir tersebut harus diharamkan. Suara rakyat tidak serta merta (mestinya) menjadi hukum, tanpa adanya bukti yang kuat.

Dalam bukunya berjudul Peradilan yang Sesat (Grafiti Pers, 1983), Hermann Mostar berkisah. Pada tahun 1854 di Kota Eldagsen, Hannover, Jerman, seorang wanita bernama Charlotte Hartmann ditemukan tewas terbunuh. Sejumlah perhiasan dan uang milik korban raib. Kasus ini membuat gempar lantaran desa itu dikenal sangat aman dan penduduknya saling kenal. Karena itu, tiba-tiba saja muncul tuduhan pada dua orang pria semata-mata karena keduanya dikenal sebagai warga yang suka mencuri dan berpenampilan tak sedap.

Meski Busse dan Ziegenmeyer sudah memberi alibi, tak ada saksi yang menguatkan. Penduduk pun memaksa pengadilan mendakwa yang bersangkutan karena tak ada lagi warga yang punya motif melakukan pembunuhan. Pihak pengadilan, karena terus didesak akhirnya menyidangkan kasus itu untuk memberi ketenangan bagi penduduk yang terus dihantui ketakutan adanya pembunuh yang berkeliaran. Persidangan berjalan berat sebelah. Motif yang memberatkan keduanya diungkap, sedangkan hal yang meringankan disimpan.

Di tengah berjalannya persidangan, Jaksa Agung meminta dihentikannya penuntutan terhadap kedua terdakwa. Namun, putusan itu membuat amarah penduduk memuncak. Pengadilan Tinggi akhirnya menyerah dan sidang dilanjutkan. Akhir kata, setelah mendengar keputusan dewan juri, hakim memutuskan kedua terdakwa divonis mati. Tak lama setelah itu, Ziegenmeyer menggantung diri di selnya karena tak tahan menanggung tuduhan. Namun, penduduk menerimanya sebagai pengakuan dosa.

Sembilan bulan kemudian, sebuah peristiwa pembunuhan terjadi di desa tetangga dan seorang pria bernama Bruns ditangkap. Dengan bukti yang kuat dia akhirnya mengaku sekaligus terungkap pula bahwa Bruns juga yang membunuh Charlotte. Busse yang belum sempat dieksekusi namun mengalami pendarahan otak serta lumpuh, dibebaskan serta ikut menyaksikan persidangan Bruns. Pada November 1856, Bruns dipancung atas kejahatan ganda yang dilakukannya. Sejak itu pula Kota Eldagsen terkenal di seluruh Jerman dan masuk dalam kepustakaan hukum dunia.

Dalam kasus ini, jika memang suara rakyat adalah suara Tuhan, artinya Ziegenmeyer telah digantung oleh Tuhan dan Busse lumpuh karena dihukum Tuhan. Hal tersebut tentu di luar akal sehat. Contoh kasus ini membuktikan bahwa suara rakyat bukan segala-galanya, apalagi menyamai kemauan Tuhan. Logikanya, kalau memang rakyat tanpa cela dan tanpa dosa, buat apa Tuhan disembah?

Sayang, prinsip ini tidak bisa diberlakukan pada setiap ruang dan waktu. Berkaca pada kasus penahanan Prita Mulyasari yang menjadi tertuduh dalam kasus pencemaran nama baik Rumah Sakit Omni Internasional, yang terjadi justru sebaliknya. Aparat penegak hukum telah bertindak berlebihan yang kemudian dikoreksi oleh suara publik. Inilah dilema hukum di Indonesia. Publik yang biasanya gampang menjatuhkan vonis ternyata lebih memiliki “kewarasan” ketimbang lembaga peradilan yang sudah tumpul nurani dan logikanya.

Dalam kasus Prita pula prinsip sebab dan akibat dalam ilmu hukum telah dijungkirbalikkan. Sungguh aneh, ketika Omni melaporkan kasus pencemaran nama baik, aparat penegak hukum langsung bergerak. Prita digugat secara perdata dan dituntut secara pidana sebelum kemudian dinyatakan bersalah dalam kasus perdata. Prita pun kemudian ditahan karena menjadi tersangka dalam kasus pidana.

Saya tidak menyoal tentang materi undang-undang yang menjerat Prita, karena pada titik ini, akal sehat benar-benar telah dimandulkan pengadilan. Bukankah sebelum Prita digugat dan didakwa, harus dibuktikan dulu benar atau tidaknya tuduhan terhadap Omni seperti yang dia tulis dalam surat elektroniknya? Seandainya apa yang ditulis Prita adalah benar, berarti lembaga peradilan telah sesat dalam mengadili karena dia sama sekali tidak mencemarkan nama Omni.

Pada tahun 399 SM, pengadilan di Athena, Yunani, memutuskan Socrates bersalah karena telah meracuni pikiran kaum muda dengan ajaran-ajarannya. Pada usia 70 tahun, filusuf kenamaan itu dijatuhi hukuman mati dengan meminum racun. Setelah 24 abad berlalu, kasus yang sama kembali terjadi. Seorang ibu rumah tangga didakwa karena menuliskan kegundahan hatinya. Benar agaknya, kita memang tak pernah mau belajar pengalaman.

Sumber

43,035 thoughts on “Vox Populi Vox Dei

  1. 마약 롤스로이스 신상

    Excellent beat ! I would like to apprentice while you amend your site, how could i subscribe for a blog web site? The account helped me a acceptable deal. I had been tiny bit acquainted of this your broadcast provided bright clear concept|

  2. eta for new zealand

    Greate post. Keep writing such kind of info on your blog.
    Im really impressed by your blog.
    Hey there, You’ve done an excellent job. I’ll certainly digg it and individually recommend to my friends.

    I am confident they’ll be benefited from this web site.

  3. turkey e visa us citizen

    Do you have a spam issue on this website; I also am a blogger,
    and I was curious about your situation; we have created some nice procedures and we are looking to exchange techniques with others, please
    shoot me an email if interested.

  4. Stephenpex

    В нашем обществе, где диплом – это начало отличной карьеры в любой области, многие ищут максимально простой путь получения качественного образования. Важность наличия официального документа трудно переоценить. Ведь диплом открывает дверь перед всеми, кто стремится начать профессиональную деятельность или продолжить обучение в каком-либо ВУЗе.
    Предлагаем оперативно получить этот важный документ. Вы сможете заказать диплом нового или старого образца, что становится удачным решением для человека, который не смог закончить обучение или утратил документ. диплом изготавливается с особой тщательностью, вниманием ко всем элементам, чтобы в итоге получился полностью оригинальный документ.
    Преимущество такого решения состоит не только в том, что вы сможете оперативно получить диплом. Весь процесс организован комфортно, с нашей поддержкой. Начав от выбора подходящего образца до точного заполнения личной информации и доставки в любой регион России — все под абсолютным контролем наших мастеров.
    Всем, кто пытается найти быстрый способ получить требуемый документ, наша компания предлагает отличное решение. Приобрести диплом – это значит избежать продолжительного обучения и не теряя времени переходить к достижению своих целей: к поступлению в университет или к началу трудовой карьеры.

    https://diploman-rossiya.com

  5. apply for morocco visa from ghana

    I don’t know if it’s just me or if perhaps everyone else encountering
    issues with your site. It seems like some of the text on your posts
    are running off the screen. Can somebody else please
    provide feedback and let me know if this is happening to
    them as well? This might be a issue with my internet browser because I’ve had this happen before.

    Cheers

  6. apply for uk visa from erbil

    You are so awesome! I don’t suppose I’ve read anything like this before.
    So wonderful to find another person with some original thoughts on this subject.

    Really.. thank you for starting this up. This web site is one thing that is
    required on the internet, someone with a little originality!

  7. can filipino apply for eta in canada

    With havin so much content do you ever run into any issues of plagorism or copyright infringement?
    My website has a lot of exclusive content I’ve either authored myself or outsourced but it seems a lot of it is popping it up all over
    the web without my authorization. Do you know any solutions to help reduce content from being ripped off?

    I’d genuinely appreciate it.

  8. electronic visa application turkey

    Hello there! This is kind of off topic but I need some guidance
    from an established blog. Is it difficult to set up your own blog?

    I’m not very techincal but I can figure things out pretty quick.
    I’m thinking about making my own but I’m not sure where to start.
    Do you have any tips or suggestions? With thanks

  9. LhaneClisa

    В нашем мире, где диплом становится началом успешной карьеры в любой области, многие ищут максимально быстрый путь получения качественного образования. Наличие официального документа об образовании переоценить просто невозможно. Ведь именно диплом открывает дверь перед людьми, желающими вступить в профессиональное сообщество или продолжить обучение в университете.
    В данном контексте мы предлагаем быстро получить этот важный документ. Вы сможете купить диплом старого или нового образца, что является выгодным решением для всех, кто не смог закончить обучение или утратил документ. диплом изготавливается с особой тщательностью, вниманием к мельчайшим элементам. В результате вы получите полностью оригинальный документ.
    Преимущества этого подхода заключаются не только в том, что можно оперативно получить свой диплом. Процесс организовывается комфортно, с нашей поддержкой. От выбора требуемого образца диплома до правильного заполнения личных данных и доставки в любой регион России — все будет находиться под полным контролем квалифицированных мастеров.
    Всем, кто хочет найти быстрый способ получения требуемого документа, наша компания предлагает выгодное решение. Заказать диплом – это значит избежать длительного обучения и не теряя времени перейти к достижению собственных целей: к поступлению в ВУЗ или к началу успешной карьеры.

    https://diploman-russiyan.com

  10. schengen visa application bangalore

    Having read this I believed it was very informative.
    I appreciate you taking the time and energy to put this informative article together.
    I once again find myself personally spending a lot of time both reading and commenting.
    But so what, it was still worth it!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *