Binusian Berbatik

400px-batik_indonesiaBatik (atau kata Batik) berasal dari bahasa Jawa “amba” yang berarti menulis dan “nitik”. Kata batik sendiri meruju pada teknik pembuatan corak – menggunakan canting atau cap – dan pencelupan kain dengan menggunakan bahan perintang warna corak “malam” (wax) yang diaplikasikan di atas kain, sehingga menahan masuknya bahan pewarna. Dalam bahasa Inggris teknik ini dikenal dengan istilah wax-resist dyeing. Jadi kain batik adalah kain yang memiliki ragam hias atau corak yang dibuat dengan canting dan cap dengan menggunakan malam sebagai bahan perintang warna. Teknik ini hanya bisa diterapkan di atas bahan yang terbuat dari serat alami seperti katun, sutra, wol dan tidak bisa diterapkan di atas kain dengan serat buatan (polyester). Kain yang pembuatan corak dan pewarnaannya tidak menggunakan teknik ini dikenal dengan kain bercorak batik – biasanya dibuat dalam skala industri dengan teknik cetak (print) – bukan kain batik.

Batik adalah kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia (khususnya Jawa) sejak lama. Perempuan-perempuan Jawa di masa lampau menjadikan keterampilan mereka dalam membatik sebagai mata pencaharian, sehingga di masa lalu pekerjaan membatik adalah pekerjaan eksklusif perempuan sampai ditemukannya “Batik Cap” yang memungkinkan masuknya laki-laki ke dalam bidang ini. Ada beberapa pengecualian bagi fenomena ini, yaitu batik pesisir yang memiliki garis maskulin seperti yang bisa dilihat pada corak “Mega Mendung”, dimana di beberapa daerah pesisir pekerjaan membatik adalah lazim bagi kaum lelaki.

Ragam corak dan warna Batik dipengaruhi oleh berbagai pengaruh asing. Awalnya, batik memiliki ragam corak dan warna yang terbatas, dan beberapa corak hanya boleh dipakai oleh kalangan tertentu. Namun batik pesisir menyerap berbagai pengaruh luar, seperti para pedagang asing dan juga pada akhirnya, para penjajah. Warna-warna cerah seperti merah dipopulerkan oleh Tionghoa, yang juga mempopulerkan corak phoenix. Bangsa penjajah Eropa juga mengambil minat kepada batik, dan hasilnya adalah corak bebungaan yang sebelumnya tidak dikenal (seperti bunga tulip) dan juga benda-benda yang dibawa oleh penjajah (gedung atau kereta kuda), termasuk juga warna-warna kesukaan mereka seperti warna biru. Batik tradisonal tetap mempertahankan coraknya, dan masih dipakai dalam upacara-upacara adat, karena biasanya masing-masing corak memiliki perlambangan masing-masing.

Teknik membatik telah dikenal sejak ribuan tahun yang silam. Tidak ada keterangan sejarah yang cukup jelas tentang asal usul batik. Ada yang menduga teknik ini berasal dari bangsa Sumeria, kemudian dikembangkan di Jawa setelah dibawa oleh para pedagang India. Saat ini batik bisa ditemukan di banyak negara seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, India, Sri Lanka, dan Iran. Selain di Asia, batik juga sangat populer di beberapa negara di benua Afrika. Walaupun demikian, batik yang sangat terkenal di dunia adalah batik yang berasal dari Indonesia, terutama dari Jawa.

Tradisi membatik pada mulanya merupakan tradisi yang turun temurun, sehingga kadang kala suatu motif dapat dikenali berasal dari batik keluarga tertentu. Beberapa motif batik dapat menunjukkan status seseorang. Bahkan sampai saat ini, beberapa motif batik tadisional hanya dipakai oleh keluarga keraton Yogyakarta dan Surakarta.

Batik merupakan warisan nenek moyang Indonesia ( Jawa ) yang sampai saat ini masih ada. Batik juga pertama kali diperkenalkan kepada dunia oleh Presiden Soeharto, yang pada waktu itu memakai batik pada Konferensi PBB.

batik

sumber

61,255 thoughts on “Binusian Berbatik

  1. teen sex

    whoah this weblog is wonderful i really like studying your articles. Stay up the good work! You realize, many individuals are looking around for this information, you can aid them greatly. |

  2. situs slot

    My family every time say that I am killing my time here at net, but I know I am getting familiarity everyday by reading thes fastidious content.|

  3. Visitorbet

    It’s truly very complex in this full of activity life to listen news on TV, so I just use internet for that purpose, and take the most recent news.|

  4. boy porn

    Amazing blog! Is your theme custom made or did you download it from somewhere? A design like yours with a few simple tweeks would really make my blog jump out. Please let me know where you got your theme. Thanks|

  5. off white hoodie

    That is the suitable weblog for anybody who wants to seek out out about this topic. You realize so much its nearly exhausting to argue with you (not that I truly would want匟aHa). You positively put a new spin on a subject thats been written about for years. Great stuff, just nice!

  6. kyrie 7

    This site is known as a stroll-by for the entire data you needed about this and didn抰 know who to ask. Glimpse here, and you抣l undoubtedly discover it.

  7. visit website

    Hello there! I just wish to give you a huge thumbs up forthe great information you have right here on thispost. I will be coming back to your blog for more soon.

  8. 레플리카 가방

    Thank you for the auspicious writeup. It if truth be told used to be a entertainment account it. Look advanced to far added agreeable from you! By the way, how could we communicate?|

  9. bape

    After research a couple of of the weblog posts on your web site now, and I really like your way of blogging. I bookmarked it to my bookmark web site checklist and can be checking back soon. Pls try my web site as properly and let me know what you think.

  10. Gabriel Nelson

    Thanks on your marvelous posting! I definitely enjoyed reading it,you may be a great author.I will make sure to bookmark your blog andwill often come back very soon. I want to encourage that you continue your great work, have a niceholiday weekend!

  11. Helton Singh

    When I originally commented I clicked the “Notify me when new comments are added” checkbox and now each time acomment is added I get four emails with the same comment.Is there any way you can remove people from that service?Bless you!

  12. CGRC Exam

    I am not sure where you’re getting your info, but great topic. I needs to spend some time learning much more or understanding more. Thanks for great information I was looking for this info for my mission.

  13. water damage repair

    you’re really a good webmaster. The site loading speed is incredible. It seems that you are doing any unique trick. Moreover, The contents are masterwork. you’ve done a great job on this topic!

  14. sewage cleanup

    Excellent post. I was checking constantly this blog and I’m impressed! Very useful info specifically the last part 🙂 I care for such info a lot. I was seeking this particular info for a long time. Thank you and best of luck.

  15. online mortgage advisers west yokrshire

    Please let me know if you’re looking for a author for your site. You have some really good articles and I feel I would be a good asset. If you ever want to take some of the load off, I’d really like to write some articles for your blog in exchange for a link back to mine. Please send me an email if interested. Kudos!|

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *